Bila Enkau Hidup Hari ini, Jangan Menunggu Hari Esok Untuk Beribadah, Karena ajal/kematian Akan Memjemputmu Kapan saja, Tanpa Disangka-sangka

Minggu, 08 Januari 2012

WANITA IDAMAN IKHWAN

Ikhwan, akhwat yang sedang mencari pendamping hidup bacalah uraian berikut…malu bertanya sesat di jalan …..
Ikhwan, jika kalimat ikhwan dicerna  dari segi bahasa arab maka akan berarti lelaki, namun Negara kita Indonesia merupakan Negara yang mempunyai bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia, olehnya itu jika masyarakat mendengar kata ikhwan itu berarti sangat erat kaitannya dengan agama islam, dengan demikian, pengertian ikhwan adalah lelaki yang senantiasa taat menjalankan Agama Allah, syariat islam, dan melaksanakan perintah Allah serta menjauhi laranganNYA.

Ikhwan yang bersipat insani tentunya mengidam-idamkan wanita, yang bakal memperkokoh keimanan kepada Allah SWT,  seiring berkerbangnya roda era globalisasi maka tentunya untuk menemukan wanita yang benar-benar sholehah mungkin sudah sangat sulit atau jarang.
Ya, wanita sholehah, sebab telah ma,ruf  bahwa sungguh mulia wanita yang sholihah. Di dunia, ia akan menjadi cahaya bagi keluarganya dan berperan melahirkan generasi dambaan umat. Para ikhwan yang cerdas bakal memikirkan masa depan bukan dari segi dzohir saja namun akan berpikir juga masa depan dunia dan akhirat dengan memilih wanita sholehah maka akan melahirkan anak sholeh yang akan berbakti, mendoakan orang tua jika sudah berpindah ke pangkuan ilahi. Nah,,,,,,sekrang timbul pertanyaan, seperti apakah wanitah sholehah itu…….?
Pengertian Wanita Sholihah

Rasulullah Saw. dalam sabdanya, "Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah". (HR. Muslim). Wanita sholihah adalah wanita yang bertaqwa, yaitu yang taat pada Alloh dan RosulNya. Wanita yang bertaqwa adalah selalu melaksakan segala perintah Alloh dan RasulNya dan menjauh diri dari segala hal yang dilarang oleh Alloh dan RasulNya. Jadi sholihah atau tidaknya seorang wanita bergantung ketaatannya pada aturan-aturan Allah, baik sebagai seorang anak, seorang istri, anggota masyarakat, dll.

Jika wanita sholihah ada di belakang para lelaki mukmin di dunia ini, maka kita akan melihat kebangkitan dunia Islam untuk mampu memimpin dunia, seperti baginda Rosul di belakang beliau terdapat wanita sholehah ummul mukminin Khadijah Radhiyallahu anha.
Wanita adalah tiang Negara. Bayangkanlah, jika tiang penopang bangunan itu rapuh, maka sudah pasti bangunannya akan roboh dan rata dengan tanah. Tidak akan ada lagi yang tersisa kecuali puing-puing yang nilainya tidak seberapa.
Wanita sholihah akan selalu berusaha melaksanakan syariat Islam dengan sepenuh kekuatan imannya. Dia akan mendekatkan diri kepada Alloh (taqorrub ilalloh) dengan memperbanyak ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah, menghiasai dirinya dengan akhlaqul karimah, bergaul dengan sesama manusia dengan muamalah yang sesuai syariat Islam, serta selalu memelihara diri agar tidak berbuat maksiyat (perbuatan yang dilarang Alloh dan RosulNya).
                            

Kriteria Wanita Sholihah

Wanita sholihah menjaga kecantikan dirinya agar tidak menjadi fitnah bagi orang lain. Ia mampu memelihara rasa malu sehingga segala tutur kata dan tindak tanduknya selalu terkontrol. Wanita sholihah terlihat dari perbuatannya selalu berusaha sesuai dengan syariat Islam, yaitu sesuai Al Qur’an dan hadits nabi. Al-Quran surat An-Nur: 30-31, Allah Swt. memberikan gambaran wanita sholihah sebagai wanita yang senantiasa mampu menjaga pandangannya dan menutup auratnya.

“……….. maka wanita sholihah ialah yang taat kepada Alloh serta memelihara diri ketika suaminya tidak ada. Oleh karena Alloh telah memelihara (mereka) …………” [QS. An-Nisa’: 34]
Wanita sholihah akan terus berusaha menjaga kehormatan diri dan keluarga serta memelihara farji-nya,

 Wanita sholehah adalah wanita yang mampu memelihara rasa malu, malu kepada Allah jika melanggar  aturan-aturan Allah dalam Al-qur’an terutama saat ini seakan akan manusia selalu mengejar model pakaian tanpa menghiraukan apakah modelnya sudah sesauai dengan syariat islam atau tidak. Wahai saudari-saudariku yang cantik, yang manis, malulah kedapa Allah dan jangan mempermalukan dirimu sendiri atau mendzolimi diri sendiri, jika sudah paham bahwa menutup aurat, taat kepada suami, orang tua  maka jangan perna merasa malu untuk melaksanakannya sebab itu jalan menuju syurga Allah SWT.
Banyak wanita bisa menjadi sukses, tetapi tidak semua bisa menjadi sholihah, bahkan wanita bisa menjadi fitnah terbesar bagi kaum laki-laki, yang membuat laki laki semakin menjauh dari Alloh dan menyeret mereka ke jurang neraka jahannam, na'u dzubillahi min dzaaliik. Begitu pula dengan sebaliknya banyak lelaki yang bisa sukses tetapi tidak semua bisa menjadi lelaki sholeh.

Sekarang para ikhwan,  jika ingin memilih wanita untuk dijadikan sebagai pasangan hidup makan pilihlah sesuai dengan wasiat Rosulullah dalam sabdanya:
Rosululloh Sholalloohu ‘Alaihi wa Sallam berwasiat untuk memilih wanita yang memilki dien (agama) yang baik sebagai ukuran kesholihan seorang wanita. Bukan kecantikan, kedudukan, atau hartanya.

Wahai para Ikwan ataupun akhwat ketahuilah bahwa wanita yang menjadi idaman seorang ikhwan adalah, wanita yang berkrititeri seperti berikut:
 Dari Abu Huroiroh Rhodiyalloohu ‘Anhu bahwa Rosululloh Sholalloohu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Wanita dinikahi karena empat hal: karena hartanya, kedudukannya, kecantikannya, dan karena dien (agama)-nya. Maka pilihlah yang memiliki dien (Agama) maka engkau akan beruntung.” [HR. Bukhori dan Muslim]

Nah….bagi iknwan yang sedang dalam pencarian pasangan hidup tidak usa bimbang, bingung, mau jadi orang yang beruntung………?pilihlah seperti yang diwasiatkan Rosulullah di atas, insya Allah itulah yang terbaik.
Dan bagi Akhwat yang disayangi oleh Allah mau jadi wanita pilihan para Ikhwan maka peliharalah, hiasilah kehidupanmu dengan Syariat Islam senantiasalah Istiqomah menjalankan Agama Allah jangan risau soal jodoh sebab semuanya sudah ditentukan oleh Sang Maha Pecipta, dan jangan terbawah arus model-model kehidupan yang tidak termaktub dalam syariat. 

Ketahuilah bahwa Ikhwan sangat menyukai wanita sholehah, bersipat penyayang, perhatian, lemah lembut, cantik, tidak pemarah, dan tentunya memakai jilbab yang syar’i.
Sungguh mulia wanita yang sholihah. Di dunia, ia akan menjadi cahaya bagi keluarganya dan berperan melahirkan generasi dambaan umat.
Sebelum penulis mengahiri goresan ini sebuah tetesan tinta dari Negeri Seribu Benteng  Maroko, mohon maaf jika terdapat kesalahan. Tak ada ada niat lain melainkan hanya untuk saling mengingatkan, semoga bermamfaat.Wallahu  A’lamu  Bishowab.

Berkat Allah SWT tulisan ini berhasil  dipublikasikan juga oleh www.Republika.co.id :
Klik: http://www.republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/12/01/12/lxocsx-wanita-idaman-ikhwan

dan dimuat pula di situs dakwatuna.com klik: http://www.dakwatuna.com/2012/01/18333/wanita-idaman-ikhwan/
semuanya berkat Allah SWT.


By SUKMAHADI (Mahasiswa Univ. Sidi Mohammed Ben Abdellah Maroko, Afrika).











Comments

1 komentar:

Tulisan ini dimuat juga di situs sosial sperti: http://www.republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/12/01/12/lxocsx-wanita-idaman-ikhwan
http://www.facebook.com/?ref=tn_tnmn#!/notes/izzah-el-islam/wanita-idaman-ikhwan/274381519290597

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More